SkyDrive Media Penyimpanan Online Gratis

1 Sep

 

windows-live-skydrive

Live SkyDrive adalah salah satu bagian dari layanan online keluarga Windows Live. Live SkyDrive merupakan service gratis Microsoft yang dapat dipakai oleh siapapun untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi pakai dengan orang lain lewat Internet.

Live SkyDrive lebih didedikasikan sebagai media penyimpanan yang bersifat general. Anda bisa menyimpan file ber-ekstensi apa pun di Windows Live SkyDrive. Bayangkan saja Windows Live SkyDrive ini sebagai folder online Anda di Internet yang bisa diakses kapan pun selama Anda terhubung dengan Internet.

Sementara itu, Office Live Workspace merupakan sebuah “kepanjangan tangan” dari Microsoft Office yang ada di komputer lokal Anda. Pada Office Live Workspace, file yang bisa Anda simpan, akses, dan berbagi pakai dengan orang lain di Internet hanyalah dokumen-dokumen Microsoft Office.

Registrasi SkyDrive

Untuk menikmati layanan Windows Live SkyDrive, Anda terlebih dahulu mesti melakukan registrasi. Pendaftaran layanan ini dapat dilakukan dengan membuka website http://skydrive.live.com. Klik, “Get Started” untuk memulai.

Sebagai bagian dari keluarga Windows Live dan layanan online dari Microsoft, Windows Live SkyDrive menggunakan otentikasi berbasis Windows Live ID. Anda dapat memanfaatkan alamat e-mail berbasis hotmail.com, live.com, ataumugi.or.id yang mungkin Anda miliki untuk mengakses layanan ini. Jika tidak, Anda juga tetap dapat memanfaatkan layanan dengan mendaftarkan alamat e-mail Anda sebagai Windows Live ID.

Folder di dalam SkyDrive

Setelah berhasil masuk, Anda akan mendapatkan tampilan dalam SkyDrive. Anda memiliki jatah ruang penyimpanan sebesar 25 GB, yang tentunya dapat dipakai untuk menyimpan file apapun yang Anda inginkan.

Windows Live SkyDrive menyediakan tiga kelompok utama folder untuk Anda, yaitu:Personal folders, Shared folder, dan Public folder. Pada tiap kategori tersebut, Anda bisa membuat folder-folder baru dan memberi nama folder baru tersebut sesuka hati.

Sesuai dengan namanya, Personal folders hanya dapat diakses oleh Anda sendiri (menggunakan login Windows Live ID yang dipakai untuk mendaftar tadi). Shared folders dapat digunakan untuk berbagi pakai dengan teman-teman yang Anda undang. Anda bebas meng-upload file apa pun, juga bebas menentukan siapa pun orang yang ingin diberi hak akses. Orang yang Anda beri hak akses akan mendapatkan e-mail pemberitahuan yang berisi link menuju folder tersebut.

Public folders dapat digunakan untuk menyimpan file/folder apapun yang bisa diakses oleh semua orang di Internet tanpa pengecualian. Semua orang yang bisa membuka alamat folder Anda di Windows Live SkyDrive bisa membuka isi file yang ada, dengan hak read only.

Manajemen di SkyDrive

Walau Microsoft sudah membantu mengklasifikasikan dalam tiga kategori kelompok utama seperti disebut di atas, ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat folder untuk setiap kelompok file yang ingin di-upload. Pembuatan folder bukan hanya untuk memudahkan Anda mengelompokkan file-file yang ada berdasarkan kepentingan, tetapi juga memudahkan proses sharing dan pengiriman undangan akses ke orang lain (jadi tidak berdasarkan file, tetapi berdasarkan folder).

Untuk membuat folder, Anda dapat meng-klik menu yang tertera di bawah nama-nama kelompok folder (Personal, Shared, atau Public foldres). Berikan nama folder sesuai keinginan, lalu tentukan hak aksesnya (untuk semua orang di Internet, hanya untuk orang-orang tertentu, atau untuk diri sendiri).

Hak akses terhadap folder yang dibuat hanya untuk orang-orang tertentu dapat dipilih. Selain bisa memilih nama dan alamat e-mail dari daftar kontak yang ada, kita juga bisa memasukkan alamat e-mail orang yang belum terdapat di daftar kontak (contacts list). Kita juga dapat menentukan hak akses yang akan diberikan ke orang-orang yang akan diundang tadi. Pilihan hak akses ada dua, yaitu reader (bisa melihat tetapi tidak dapat mengubah isi) atau editor (bisa melihat, mengubah, menambah, dan menghapus isi). Proses berikutnya adalah memasukkan file-file yang ingin dimasukkan ke dalam folder tersebut.

Setiap saat Anda bisa masuk ke folder options dari semua folder yang Anda miliki, cukup klik nama folder yang ada. Pada folder options, Anda dapat menambahkan atau menghapus file di folder tersebut. Anda juga dapat membuat sub-folder, serta mengganti nama file atau folder. Anda dapat mengubah permission yang tadi telah diberikan kepada seseorang. Anda juga dapat mengirimkan link yang berisi alamat website untuk mengakses folder Anda di Internet kepada siapapun yang diinginkan setiap saat.

Untuk cara mapping agar skydrive bisa diakses secara langsung bisa dilihat di tutorial dari tetangga sebelah (klik disini)

One thought on “SkyDrive Media Penyimpanan Online Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *